PENGARUH TERAPI LINGKUNGAN (MUSIC THERAPY) TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA MODELOMO KECAMATAN TILAMUTA KABUPATEN BOALEMO

Gobel, Anita Yunika (2023) PENGARUH TERAPI LINGKUNGAN (MUSIC THERAPY) TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA MODELOMO KECAMATAN TILAMUTA KABUPATEN BOALEMO. Journal of Educational Innovation and Public Health, 1 (2). pp. 1-12. ISSN 2963-0703

[img] Text (Jurnal Anita Yunika Gobel)
Jurnal Anita Yunika Gobel-3.pdf

Download (1MB)

Abstract

Stres merupakan reaksi seseorang baik fisik maupun emosional apabila ada perubahan dari lingkungan yang mengharuskan seseorang menyesuaikan diri. Salah satu teknik non-farmakologi yang dapat digunakan untuk menurunkan stres yaitu dengan terapi musik karena penggunaan terapi musik dapat mengaktifkan syaraf menjadi rileks sehingga dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi tenang dan perasaan menjadi nyaman. Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan tingkat stres dimasa pandemi covid- 19. Desain penelitian one group pre test and post test design menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Tehnik pengambilan sampel purposive sampling. Jumlah sampel 18. Hasil penelitian terdapat pengaruh terapi musik terhadap penurunan tingkat stres didapatkan nilai signifikan p-value 0.000 <0,05 artinya ada perbedaan tingkat stres sebelum dan sesudah dilakukan terapi. Kesimpulan ada pengaruh terapi musik terhadap penurunan tingkat stres pada masa pandemi covid-19 di Desa Modelomo Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo. Disarankan kepada masyarakat dapat menjadikan terapi ini sebagai alternatif untuk menurunkan tingkat stres di masa pandemicovid-19.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Terapi musik, Tingkat Stres, Pandemi covid-19
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Program Studi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Anita Yunika Gobel
Date Deposited: 04 Mar 2023 07:09
Last Modified: 04 Mar 2023 07:09
URI: http://repository.umgo.ac.id/id/eprint/592

Actions (login required)

View Item View Item