PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI PADA PEMBELAJARAN IPS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN 2 BULANGO TIMUR KABUPATEN BONE BOLANGO

Ana, Hartati (2023) PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI PADA PEMBELAJARAN IPS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN 2 BULANGO TIMUR KABUPATEN BONE BOLANGO. Artikel Peternakan Universitas Muhammadiyah Gortontalo. pp. 1-10.

[img] Text (JURNAL)
JURNAL HARTATI ANA.pdf

Download (349kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Meningkatkan hasil belajar peserta didik Melalui penggunaan media animasih pada peserta didik kelas V SDN 2 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi aktivitas pendidik, aktivitas peserta didik, tes pengetahuan untuk mengukur hasil belajar peserta didik, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I pertemuan I peserta didik yang tuntas sebanyak 11 orang (48%), pertemuan II peserta didik yang tuntas sebanyak 14 orang (61%), pertemuan I siklus II peserta didik yang tuntas sebanyak 17 orang (74%) sedangkan pada pelaksanaan pertemuan II siklus II peserta didik yang tuntas meningkat sebanyak 21 orang (91%) dengan KKM ≥ 75. Pada pelaksanaan tindakan terjadi peningkatan sebanyak 30%. Dengan menggunakan media animasi dapat Meningkatkan hasil belajar pada peserta didik Kelas V SDN 2 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Eksperimen, Mata Pelajaran IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Hartati Ana
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:04
Last Modified: 05 Jan 2024 03:04
URI: http://repository.umgo.ac.id/id/eprint/1747

Actions (login required)

View Item View Item